Tips Selama Perjalanan Mudik

Mudik bertujuan untuk bertemu orang tua dan keluarga di kampung halaman. Melakukan perencanaan yang matang sebelum melakukan perjalanan jauh merupakan cara terbaik agar mudik aman dan tetap sehat.

Mudik merupakan tradisi yang melekat di masyarakat Indonesia ketika momen Idul Fitri. Sebagaimana perjalanan jauh lainnya, mudik membutuhkan kondisi kesehatan yang optimal. Kebugaran tubuh merupakan salah satu bagian yang penting untuk dipersiapkan saat mudik. Dalam perjalanan mudik, banyak hal dapat terjadi sehingga perlu meminimalkan resiko gangguan selama di perjalanan

Tips Menjaga Kesehatan Dalam Berkendara

  • Siapkan fisik yang sehat dan prima dengan cek kesehatan sebelum berkendara
  • Konsumsi buah dan sayur untuk menjaga stamina saat berkendara
  • Mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat
  • Tidak mengkonsumsi obat yang menyebabkan kantuk dan minuman keras sebelum berkendara
  • Kendalikan emosi saat berkendara
  • Istirahat setelah 4 jam mengemudi dan melakukan gerakan peregangan
  • Minum air yang cukup selama berkendara
  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Hal lain yang harus dipersiapkan agar dapat menikmati mudik sehat dan nyaman adalah dengan menyiapkan obat-obatan untuk dibawa serta. Beberapa obat yang bisa dipersiapkan untuk dibawa mudik adalah suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina, obat maag, obat anti mabuk perjalanan, obat anti diare, dan obat pereda flu.

Pentingkah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi?
Penting. Pemeriksaan kesehatan pada pengemudi di fasilitas pelayanan kesehatan perlu untuk dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh memiliki beberapa tujuan seperti:

  • Untuk memastikan pengemudi dalam kondisi fit dan layak untuk mengemudi
  • Mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh kondisi pengemudi yang tidak layak mengemudi

Bagaimana cara peregangan selama di perjalanan?
Peregangan dapat dilakukan setiap 4 jam atau saat pengemudi merasa lelah atau mengantuk. Peregangan yang dilakukan memiliki manfaat untukĀ  mengurangi ketegangan otot, mengurangi resiko nyeri punggung, mengurangi resiko cedera otot atau kram dan membuat rileks. Peregangan juga dapat dilakukan didalam kendaraan saat terjadi kemacetan. Berikut cara melakukan peregangan:

  • Kepala menoleh ke kiri, tahan selama 8 hitungan
  • Kepala menoleh ke kanan, tahan selama 8 hitungan
  • Angkat kedua lengan sejajar dengan bahu, pergelangan tangan ditekuk ke atas 90 derajat. Tahan selama 8 hitungan.
  • Angkat kedua lengan sejajar dengan bahu, pergelangan tangan ditekuk ke bawah 90 derajat. Tahan selama 8 hitungan.
  • Tangan kanan memegang paha kiri, tangan kiri memegang sandaran kursi, hadapkan badan ke kiri. Tahan selama 8 hitungan
  • Lakukan seperti gerakan 5 arah sebaliknya. Tahan selama 8 hitungan.
  • Angkat kedua tungkai kedepan, tekuk pergelangan kaki keatas. Tahan selama 8 hitungan.
  • Angkat kedua tungkai keatas dengan pergelangan kaki lurus kedepan. Tahan selama 8 hitungan.

Lakukan persiapan yang matang sebelum melakukan perjalanan jauh agar selamat sampai tujuan

Sumber: vivahealth

You may also like...