Resensi Buku Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches

Cover Buku

Buku ini berjudul Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Third Edition) Karangan John W. Creswell.

Deskripsi Buku

Pada bagian ini akan disampaikan poin-poin penting yakni Tujuan, Sasaran Pembaca, Format, Ringkasan Bab dan Tentang Penulis. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan pembaca untuk mengetahui informasi apa saja yang dibicarakan dalam buku ini. Selain itu, pembaca juga akan mempunyai gambaran, kira-kira pembahasan buku ini akan seperti apa.

Tujuan Buku ini menyajikan kerangka kerja, proses, dan aneka pendekatan komposisional dalam merancang sebuah penelitian kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran untuk bidang-bidang sosial-humaniora. Adanya minat yang tinggi pada penelitian kualitatif, munculnya beragam pendekatan metode campuran, dan terus diterapkannya bentuk-bentuk tradisional kuantitatif, membuat Creswell merasa perlu melakukan perbandingan terhadap tiga rancangan penelitian ini. Creswell membandingkan ketiganya berdasarkan asumsi-asumsi filosofis, tinjauan pustaka, penggunaan teori, struktur penyajian, dan pertimbangan-pertirnbangan etis atas ketiga rancangan tersebut. Selanjutnya, menjelaskan unsur-unsur kunci dalam proses penelitian pada umumnya: menulis pendahuluan, menegaskan tujuan penelitian, mengidentifikasi rumusan masalah dan hipotesis penelitian, serta menerapkan metode-metode dan prosedur-prosedur di dalam pengumpulan dan analisis data. Semua elemen ini Creswell menjelaskan berdasarkan penerapannya dalam rancangan kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran.

Sasaran Pembaca Buku ini ditujukan untuk para peneliti, mahasiswa sarjana dan pascasarjana yang ingin menyiapkan rencana atau proposal untuk artikel jurnal akademis, disertasi, ataupun tesisnya. Pada level yang lebih luas, buku ini bisa digunakan sebagai buku referensi sekaligus pegangan untuk mata kuliah metode-metode penelitian. Agar memperoleh manfaat terbaik dari buku ini, pembaca perlu memiliki pengetahuan dasar tentang penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sebab, bagaimanapun juga, istilah-istilah kunci yang akan dijelaskan dan dijabarkan serta strategi-strategi yang  direkomendasikan dalam buku ini, mengharuskan pembaca memiliki kesiapan dasar “teknis” dalam merancangpenelitian.
Format Pada masing-masing bab, Creswell menyajikan contoh-contoh penelitian yang berasal dari berbagai disiplin yang berbeda. Struktur keseluruhan buku ini yang terdiri dari pembahasan mengenai rancangan kualitatif, rancangan kuantitatif, dan rancangan metode campuran, utamanya yang terkait dengan proses-proses dan langkah-langkah penelitian di dalamnya.  Strategi-strategi kunci dalam memahami asumsi-asumsi filosofis, tips-tips dalam menulis penelitian akademis, melakukan tinjauan pustaka, script-script dalam menulis tujuan penelitian dan pertanyaan-pertanyaannya, serta daftar-daftar rinci mengenai bagaimana cara menulis prosedur-prosedur penelitian kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran. Masing-masing bab diakhiri dengan pertanyaan-pertanyaan diskusi dan referensi-referensi kunci.

Ringkasan Bab Buku ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian I berisi langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan oleh para peneliti sebelum mereka mengembangkan proposal atau rencana penelitiannya. Bagian II membahas bagian-bagian dalam proposal.

Bagian I: Pertimbangan-Pertimbangan Awal Bagian ini membahas persiapan-persiapan untuk merancang penelitian akademis. Bagian ini mencakup Bab 1 sampai Bab 4. Bab 1 Memilih Rancangan Penelitian. mengawali bab ini dengan mendefinisikan penelitian kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran, serta membahas ketiganya sebagai rancangan penelitian. Bab 2 Tinjauan Pustaka. Bab ini di harapkan dapat membantu para pembuat proposal dalam mempertimbangkan literatur-literatur yang sesuai dengan topik mereka dan mulai menulis tinjauan pustaka untuk proposalnya. Bab 3 Penggunaan Teori. Teori memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda dalam tiga bentuk penelitian. Dalam penelitian kuantitatif, teori berperan sebagai penjelasan awal tentang hubungan antar variabel yang diuji oleh peneliti. Bab ini membantu para pembuat proposal dalam mempertimbangkan dan merencanakan bagaimana suatu teori dapat disertakan ke dalam penelitian. Bab 4 Strategi Menulis dan Pertimbangan Etis. Dalam bab ini, Creswell menyajikan sejumlah outline untuk proposal penelitian kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran.

Bagian II: Merancang Penelitian Dalam bagian ini, Creswell menjelaskan komponen-komponen proposal penelitian. Bab ini terdiri dari Bab 5 sampai 10, yang masing-masing menjelaskan setiap komponen proposal dan tata cara penulisannya. Bab 5 Pendahuluan. Bab ini menyajikan metode sistematis dalam merancang pendahuluan akademis untuk proposal atau penelitian. Bab 6 Tujuan Penelitian. Pada bab ini, pembaca akan belajar bagaimana menulis tujuan penelitian untuk penelitian kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran. Bab 7 Rumusan Masalah dan Hipotesis Penelitian.  Pada bab ini, pembaca akan belajar bagaimana menulis rumusan masalah dan hipotesis penelitian kualitatif dan kuantitatif, serta bagaimana menerapkan dua bentuk tersebut untuk menulis rumusan masalah dan hipotesis pada metode campuran. Bab 8 Metode Kuantitatif. Pembaca akan belajar tentang prosedur- prosedur spesifik dalam merancang penelitian survei atau eksperimen, ada beberapa checklist yang disajikan dalam bab ini untuk membantu pembaca memastikan terlaksananya semua prosedur tersebut. Bab 9 Metode Kualitatif. Bab ini menyajikan prosedur-prosedur kualitatif dan juga menampilkan sejumlah contoh prosedur kualitatif yang berasal dari penelitian-penelitian fenomenologi, grounded theory, etnografi, studi kasus, dan studi naratif. Bab 10 Prosedur Metode Campuran. Bab ini akan menyoroti perkejnbangan-perkembangan penting dalam penelitian metode campuran. Ada enam jenis strategi metode campuran yang dibahas dalam bab ini, lengkap dengan penjelasan mengenai kriteria-kriteria dalam mcmilih salah satu dari enam jenis strategi tersebut berdasarkan pada timing, bobot, pencampuran, dan teori.

Tentang Penulis

John W. Creswell adalah Profesor Psikologi Pendidikan sekaligus penulis dan pengajar mata kuliah metodologi kualitatif dan penelitian metode campuran. Creswell mengajar di University of Nebraska-Lincoln selama 30 tahun dan telah menulis kurang lebih 11 buku, sebagian besar tentang rancangan penelitian, penelitian kualitatif, dan penelitian metode campuran. Buku-bukunya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan digunakan di seluruh dunia.

Creswell menjabat sebagai co-director di Kantor Penelitian Kualitatif dan Metode Campuran di Nebraska yang bertugas menyediakan dukungan bagi para sarjana yang ingin mengajukan penelitian kualitatif dan metode campuran pada lembaga-lembaga pendanaan. Creswell juga tercatat sebagai co-editor utama untuk jurnal Sage, Journal of Mixed Methods Research, dan sebagai Asisten Profesor untuk bidang Kedokteran di University of Michigan. Cresswell juga sering diminta menjadi asisten peneliti bidang-bidang kesehatan. Baru-baru ini, dia terpilih menjadi Senior Fulbright Scholar dan bertugas di Afrika Selatan sejak Oktober 2008 untuk berbagi ilmu tentang penelitian metode campuran dengan para ilmuwan sosial dan dokumentator isu-isu AIDS. Dia hobi bermain piano, menulis sajak, dan berolahraga. Kunjungi websitenya di www.johnwcreswell.com.

Untuk mengunduh softcopy (ebook) buku tersebut, silakan klik [GOOGLE DRIVE]